CSR, Bukan Sekadar Tren

March 25, 2006 § 42 Comments


Mohamad Fajri menulis tentang Corporate Social Responsibility (CSR-tanggung jawab terhadap lingkungan) di Sinar Harapan (11/3). Dikemukakan tentang beberapa alasan perlunya CSR diterapkan. Saya ingin bicara lebih kritis mengenai penerapan CSR yang masih cenderung latah dan basa-basi.

CSR lahir dari desakan masyarakat atas perilaku perusahaan yang mengabaikan tanggung jawab sosial seperti perusakan lingkungan, eksploitasi sumber daya alam, ngemplang pajak dan menindas buruh. Pendeknya, perusahaan berdiri secara diametral dengan kehidupan sosial.

Kesan perusahaan, terutama pemilik modal, lebih menampakkan wajar yang a-sosial. Biasanya orang gerundelan menyebutnya pelit, tertutup, mau untung doang, menghalalkan segala cara dan tidak punya hati kepada karyawan. Ini kenyataan bahwa kaum kapitalis memang tegak berdiri di atas derita banyak orang.

Kini situasi semakin berubah. Konsep dan praktik CSR sudah menunjukkan sebagai keharusan. Para pemilik modal tidak lagi menganggap sebagai pemborosan. Hal ini terkait dengan meningkatnya kesadaran sosial kemanusiaan dan lingkungan. Di luar itu, dominasi dan hegemoni perusahaan besar sangat penting peranannya di masyarakat. Kekuatan perusahaan yang semakin besar, sebagaimana dinilai Dr David Korten, penulis buku ”When Corporations Rule the World” melukiskan bahwa dunia bisnis setengah abad terakhir telah menjelma menjadi institusi paling berkuasa. Bahkan pengamat globalisasi, Dr Noorena Herzt berpendapat perusahaan besar di berbagai negara telah mengambil alih kekuasaan politik dari politisi.

Pemodal dan Politik
Pengambilalihan ini terjadi karena kian ketatnya produk hukum yang menuntut tanggung jawab sosial kaum pemodal. Pemodal harus masuk dunia politik agar tidak terpojok dengan tuntutan politik pemerintah/masyarakat. Menurutnya, dalam satu dasawarsa terakhir CSR perusahaan besar sangat berperan ketimbang institusi publik (negara).

Kita tidak bisa mengelak atas perubahan dunia di mana kapitalisme menjadi panggung yang absah bagi kehidupan kita. Berpijak pada kapitalisme global inilah tanggung jawab kehidupan umat manusia harus selalu mempertimbangkan kepentingan pebisnis.

Pertimbangan bukan berarti tunduk, tapi harus saling menjaga kepentingan. Kapitalisme tidak identik dengan pengerukan modal tanpa pertimbangan sosial. Untuk era sekarang, kapitalisme hanya bisa berkembang jika bersinergi dengan dunia sosial.

Masyarakat modern sudah menjauh dari sikap antikapitalisme. Sosialisme maupun kapitalisme sudah menjauh dari imajinasi orang. Hanya saja karena kapitalisme telah menjadi realitas, maka jalur kehidupan masyarakat harus melewati riil kapitalisme. Kini orang sadar bahwa yang terpenting bukan ideologi, tapi sikap kompromi untuk menemukan jalan terbaik. Karena itu, pemerintah tidak boleh tunduk oleh kaum pemodal, sebagaimana kaum pemodal tidak boleh tunduk oleh politisi. Rakyat, pemerintah dan pemodal harus setara dalam merumuskan strategi kebijakan publik untuk kepentingan bersama.

Di negara kapitalis penciptaan ruang publik yang demikian itu sudah berjalan.
Peranan CSR perusahaan sangat menguntungkan pemodal. Pemerintah juga untung karena selain mudah melobi pembayaran pajak juga terbantu tanggung jawab sosialnya kepada rakyat miskin.

Indonesia Latah
Kenyataan itu tidak serta merta dipraktikkan di Indonesia. Berbagai perusahaan yang menerapkan CSR justru dianggap sok sosial. Mungkin saja perusahaan itu berhasil memberikan materi yang riil bagi masyarakat. Namun, di ruang publik nama perusahaan sendiri gagal menarik simpati orang. Ujung-ujungnya mau berderma sembari meneguk untung citra malah buntung! Ini terjadi karena CSR dilakukan secara latah dan tidak didukung konsep yang baik. Kita menerima pendapat pakar marketing, Craig Semit (1994) yang merintis pendekatan baru CSR yang ia sebut The Corporat Philanthropy. Ia berpendapat CSR harus disikapi secara strategis dengan melakukan penyelarasan inisiatif CSR yang relevan dengan produk inti (core product) dan pasar inti (core market), membangun indentitas merek, bahkan untuk menggaet pangsa pasar, atau menghancurkan pesaing. (Yuswohady, Majalah SWA 12/2005).

Kegiatan CSR yang diarahkan memperbaiki konteks korporat inilah yang memungkinkan alignment antara manfaat sosial dan bisnis yang muaranya untuk meraih keuntungan materi dan sosial dalam jangka panjang. CSR tidak haram dipraktikkan bahkan dengan target mencari untung. Yang terpenting kemampuan menerapkan strategi.

Jangan sampai karena CSR biaya operasional menggerogoti keuangan. Jangan pula karena CSR masyarakat justru antipati. Lain CSR, lain building image.

Oleh Siti Nur Aryani

Dipublikasikan di Harian Sinar Harapan

http://www.sinarharapan.co.id/berita/0603/25/opi02.html

§ 42 Responses to CSR, Bukan Sekadar Tren

  • silvia syafrina says:

    saya mahasiswa semester akhir yang mau menyelesaikan skripsi, kebetulan skripsi saya tentang CSR. Saya ingin membeli buku yang berhubungan dengan CSR ini dimana saya harus menghubunginya ?? mohon bantuanya

  • Subroto says:

    saya mahasiswa yang ingin melakukan presentasi tentang csr, tetapi dalam konteks ini saya sebagai penentang mengenai csr tersebut. bagaimana saya mengargumentasi hal tersebut?
    terima kasih

  • EDY PURNOMO says:

    saya mahasiswa yang semester ini akan mengadakan skripsi. kalau ada temen-temen yang mau bagi-bagi tentang CSR. tolong hubungi saya.

  • EDY PURNOMO says:

    buat silvia, hai rupanya kita sama-sama mau ngambil skripsi tentang CSR. kebetulan aku juga jualan buku-buku kuliah. kalau mau tau buku itu telpon aku aja di 02192625423. or email di edy-isti@plasa.com

  • EDY PURNOMO says:

    dear SUBROTO, CSR adalah suatu bentuk sumbangsih kepedualian perusahaan terhadap masyarakat sebagai bentuk tanggung jawabnya. kalau kamu mau presentasi tentang CSR sebagai pihak antagonis (penentang) coba lihat konteks tingkat kebutuhan dan besarnya perusahaan tersebut. kalau perusahaan itu baru bergerak pada sekala mikro dan belum terlalu penting untuk melakukan csr. tapi menurut aku semua level perusahaan mestinya menjalankan CSR apalagi perusahaan yang telah go publik.

  • Bambang Hidayat says:

    ass. saya juga ingin menyelesaikan skripsi saya mengenai CSR, dan saya kesulitan mencari literatur skripsi untuk acuan. kepada teman2 yang dapat membantu saya, harap hubungi saya di email ini atau di 0813-7141-9272.

    terima kasih,
    pekanbaru, 5 april 2007

  • paman inasyh says:

    sama dengan sodara2 yang lain…saya juga lg mo buat skrip ttg csr…masalahnya cukup banyak, dari kekurangan bahan sampai masalah yang mo diangkat membingungkan. saya mo angkat csr dari sudut pandang eko.syariahnya…jadi sumpah saya sangat butuh, tolong dikirimin saran, bahan yang berhubungan dengan skrip saya. atau kalo ada usulan judul lain juga boleh…titip aja di nashrullah.aceh@gmail.com.
    thanks for all
    jzk

  • hikma says:

    sy lg skripsi ttg Commdev/..ada bk2 ttg itu ga?

  • intan sary says:

    ass,,saya mahasiswi ekonomi..bentar lg jg mo nulis skripsi,,
    pengen bgt angkat issu CSR ini,,karna emang lg hangat2nya,,,
    tp bingung apa yang mau dibahas..
    bantuin donk,,

  • NIZAR Z. says:

    MAS OR MBAK……
    TOLONGIN NZ DONK KASIH MASUKAN ATAU APA KEK BUAT SKRIPSI CSR YANG MO NZ ANGKAT. TOPIKNYA TENTANG ENVIRONMENT RESPONSIBILITY GITU.SOALNYA GI NGEJAR TARGET NI MO WISUDA BLN NOV KALAU BISA.
    NZ BINGUNG NGAMBIL REF NYA DAN METODE PENGUJIANNYA GMN….
    PLEZ….BANTUIN NIZAR YA MBAK OR MAS.

  • Bagi semua yang ingin skripsinya menarik, saya sarankan agar mengambil tema-tema berikut ini:

    1. Memang program CSR tidak berarti sekadar sikap berderma perusahaan kepada mereka yang tidak mampu. Namun demikian pada prakteknya kebanyakan perusahaan menerapkan CSR dalam bentuk kegiatan amal konvensional, yakni menyumbang (kemudian dikembangkan sebagai isu kebajikan sosial untuk mengangkat citra positif perusahaan). Konsep amal yang selama ini diterapkan itu mengundang silang pendapat sebab bagaimanapun juga sumbangan derma dianggap tidak mendidik si miskin untuk mandiri. bahkan banyak kalangan kritis menilai, sikap dermawan dalam bentuk sumbangan itu cenderung membodohi orang miskin. Satu hal yang menarik diangkat dalam konteks ini adalah, kenapa praktek CSR cenderung konvensional seperti itu? apakah perusahaan yang bersangkutan tidak memikirkan sumbangan dalam bentuk lain semisal pelatihan manajemen, pengembangan SDM, advokasi dan lain sebagainya? Kenapa CSR di Indonesia melulu dilakukan perusahaan pada saat terjadi bencana alam dan banjir saja? Kenapa misalnya perusahaan itu tidak membuat perpustakaan di desa? membuat media alternatif mingguan, bulanan bagi rakyat di pelosok yang miskin bacaan? kenapa…kenapa……tidak dalam bentuk lain?
    Coba wawancarai perusahaan yang telah melakukan program CSR. Cari sample. Jangan-jangan perusahaan tersebut mempraktekkan CSR sekadar untuk building image, bukan karena tanggungjawab sosial secara murni.

    2. ……tema lain menyusul. Nanti kalau sempat saya susulkan lagi. itu dulu ya….

    salam

  • Nadia Paramita says:

    Dear Mba/Ibu Siti Nur Aryani,saya adalah mahasiswi Univ Binus yang sebentar lagi juga akan mengambil skripsi dgn topik CSR.saya mengharapkan bantuan Ibu untuk memberikan saya gmabaran mengenai tema atau permasalahan atau analisis yang bisa saya gunakan untuk skripsi saya.Untuk skripsi,saya diharuskan meneliti ttg suatu perusahaan,kira-kira masalah perusahaan ttg CSR apa yang bisa saya jadikan bahan penelitian/analisa [saya mengharapkan yang sangat bagus dan berbobot]. Kemudian,contoh-contoh JUDUL skripsi mengenai CSR itu seperti apa ya Bu? [misal: Analisis...terhadap perusahaan...]
    Saya mengharapkan sekali bantuannya,kalau boleh saya meminta email ibu.Email saya: nadiaparamita@yahoo.com

    terima kasih sebesar besarnya…

  • Aryani says:

    Mbak Nadia,

    Banyak tema yang menarik soal CSR. Apalagi tema CSR ini tergolong masih “sepi”. Anda bisa mencari inspirasi dari skripsi lain di luar bidang CSR jika ingin mendapat ide yang bagus.Misalnya, kita bisa belajar dari hubungan sosial sebuah masyarakat (dekat) perusahaan yang beroperasi dengan model CSR yang diterapkan. Model macam apa CSR yang diterapkan? apakah diterima oleh masyarakat setempat? mengena ke sektor masyarakat miskin? ApakahCSR tersebut memiliki nilai edukatif atau justru hanya berupa bakti sosial yang tidak mendidik?

    Judul misalnya; CSR: Antara Amal Sosial dan Pendidikan.
    Penelitian 2 perusahaan yang menerapkan CSR model karikatif dengan model edukatif. (sebuah perbandingan).

    CSR dan Pengelolaan Lingkungan:
    Peranan Perusahaan (X) dalam mengelola lingkungan (ambil poin khusus seperti pengelolaan hutan, sungai, jalan desa, dll).
    (di sini anda punya tugas mencari perusahaan yang berani mengklaim sukses mengelola lingkungan. nah tugas anda adalah investigasi lapangan).

    Wah, pokoknya banyak banget kalau sekadar soal Tema.
    nah, mengenai analisa juga banyak bisa digunakan. Anda bisa memakai pendekatan sosial atau keagamaan karena CSR ini nyaris serupa dengan prinsip-prinsip agama-agama besar seperti Islam, Kristen, Budda dll.

    sekian dulu, nanti disambung lagi kalau masih ada pertanyaan.

    salam hormat
    Aryani

  • Arie Andina says:

    saya mahasiswi jurusan akuntansi Unsyiah..
    saya tertarik untuk menyusun skripsi dengan tema CSR dan saya ingin mengetahui sejauh mana keterkaitan CSR dalam bidang akuntansi..
    mohon bantuan ya…
    terima kasih….

  • apoet says:

    tuk arieandina….
    csr sudah pasti sangat berkaitan terhadap ilmu akutansi…,,,
    hanya saja csr lebih cenderung pada bagian sosial…..
    oke ariee..
    tuk lebih jelasnya kamu dapat menayakan langsung pada orang2 yang mengerti (dosen kamu heee…)

  • Arie Andina says:

    terima kasih atas responnya, apoet…
    tapi kalo cuma itu sih saya juga ngerti, atuh…
    (hehhehe…)
    saya ingin penjelasan lebih lanjut.., untuk memudahkan saya dalam menyusun skripsi..
    tolongin saya yah temen2…

  • onnosz says:

    saya juga mau curhat tentang CSR & skripsi nih..
    kalo saya sudah sejak Januari 2007 memulai riset tentang evaluasi penerapan CSR suatu perusahaan. pada awalnya ada wacana pemerintah akan membuat konsep panduan penerapan CSR di Indonesia. dan mungkin itu bisa dijadikan referensi utama. tapi ternyata PP 74/2007 masih abstrak banget.

    buat Ibu Siti Nur Aryani, bolehkah saya mohon waktu luang ibu untuk sekedar berdiskusi dengan ibu? kalo boleh, dimana saya bisa menghubungi? kalo saya bisa via email di onnosz@yahoo.com.
    terima kasih.

    dan buat lainnya yang ingin bertukar pendapat juga gak papa

  • anna says:

    saya mahasiswi yg mw skripsi juga… saya butuh ref buku2 ttg CSR. terutama yang edisi2 terbaru. klo ada yg tau, dan mau kasi tau, tolong ke anna_04sakura@yahoo.com yah…
    thank’s before…

    salam kenal…

  • chepy says:

    MBAK NUR ARYANI
    Saya baru mau mulai skripsi ni dan tertarik ttg CSR tapi posisi saya nggak memungkinkan untuk riset di perusahaan bisa gak ya saya analisa lepas aja, kalo mang ada usul dan panduan untuk pengerjaan skripsi seperti itu TULUNG kabarin ya.. kayak apa metodenya dan contoh konkrit apa yang bisa diangkat…
    LAGI PUSING BANGET NI..
    Saya bia dihubungi di chepy_chan@yahoo.com atau 0817111041
    kemana saya bisa hubungi mbak???
    ditunggu ya, thanx a bunch.

  • firmus ibnu adam says:

    MAS or MBAk..
    bantuin aku bikin skripz dong!!!
    jurusan manajemen komunikasi fikom unpad,
    penelitian csr aku di kantor telkom bagian public relation.
    aku butuh bahan&referensi csr dari aspek mankom bukan dari humas/PR

    please..tolong hubungi aku di jp_rosdale@yahoo.com

  • kiqy says:

    mba,,

    saya mahasiswi ekonomi akuntansi baru mo mulai bwt skripsi
    saya tertarik dengan tema CSR,,
    bisa tolong kasi panduan bwt saya gak..

    soalnya masi bingung banget nih..

    klo bisa hub di dsini_ad_kiqy@yahoo.co.id

    thx y..

  • ummu fitriyah says:

    tolong berikan saya masukan tentang judul skripsi saya yang berkaitan tentang public relation & komunikasi bisnis. trima kasih

  • shena elyzabeth says:

    wow..menarik sekali ya banyak yang ingin mengambil skripsi dengan tema csr, saya jurusan public relations IISIP Jakarta semester akhir juga ingin mengambil tema ini buat skripsi, tapi bingung dengan judulnya,,ada saran? untuk mas edy kapan-kapan saya hubungi ya buat beli buku-buku tentang csr, thx b4. saya tunggu ya sarannya hub. di nena_elyzabeth@yahoo.com

  • Husnul says:

    saya mahasiswi jurusan Akuntansi yang lagi mo ngambil skripsi tentang CSR tapi masih agak bingung soalnya di kampusku akulah satu-satunya mahasiswi yang ngambil CSR sebagai Skripsi, tapi yang kutau CSR belum ada di PSAK dan UU No.40 Tahun 2007 Pasal 74 (tertanggal 16 Agustus 2007)katanya sih bukan CSR dalam arti yang sebenarnya, CSR itu diperlakukan sebagai apa dan diletakkan dimana?di Laba/Rugikah?sustainbility Reporting kah? atau dimana? apalagi salah satu dosenku bilang ini lebih ke manajemen… jadi gimana donk..aku bingung..ada yang bisa nolongin aku???? kasih aku saran tema CSR yang paling baik yang dapat aku angkat tentang CSR sesuai jurusan aku di akuntansi? kalau ada… please hub aku di us_rtu@yahoo.com
    trim’s

  • anggit says:

    haii salam kenal, aku anggit, sekarang ini aku sedang melaksanakan skripsi, dan mau mengambil kegiatan CSR tapi aku belum dapat perusahaan. pliz rekomendasikan perusahaan yang melakukan kegiatan CSR n no tlpnya. thanks
    hub aku di. anggita_tinnaya@yahoo.com

  • maya says:

    mba… salam kenal… saya maya mahasiswi uajy yk. saya sedang menulis skripsi, namun saya bingung dan belum punya topik. saya mengambil jurusan akuntansi manajemen. dosen pembimbing saya memberikan referensi tentang akuntansi lingkungan. saya cari info ternyata ketemu sama csr ini.namun saya bingung menghubungakn antara crs dengan akuntansi manajemen.kira-kira permasalahan apa yg bisa saya angkat sebagai topik skripsi saya ya? mohon bantuannya ya mba…. thanks b4

  • sagiputra says:

    Mo nebeng komentar ne soal CSR. Gw punya teks dari Jeff Ballinger dari Press for Change, USA berbicara soal CSR. Dan saya sependapat dengan beliau, yang pada intinya berpandangan bahwa CSR adalah sekadar kamuflase perusahaan demi citra positif doank. Perlu diketahui, CSR adalah “hasil” kedua dari ‘Anti-Sweatshop Campaign’ (Kampanye Anti Buruh Kasar Bergaji Rendah) 15 tahun lalu, di mana pabrik-pabrik suplier Nike di Indonesia menjadi sample untuk kampanye itu (sampai ada buruh Indonesia, Cicih dari PT. Nikomas Gemilang-Serang bolak-balik Amerika demi suksesnya kampanye ini).Sebelumnya,’produk pertama’ kampanye panjang ini adalah Code of Conduct (CoC) perusahaan-perusahaan besar, yang sebenarnya adalah tanggapan demi meredam tuntutan kampanye tersebut. Hasilnya sama…semuanya hanya kamuflase. Menurut saya, sederhana saja bila memang perusahaan benar-benar punya tanggung jawab, yaitu: naikan gaji buruhnya sesuai dengan standar hidup layak. Pemerintah boleh saja menetapkan UMR, toh itu namanya ‘Upah Minimum’ bukan ‘Maksimum’. Jadi tidak usahlah menggunakan bermacam-macam nama, istilah keren atau apapun klo sebenarnya hanya untuk kemunafikan dan pembodohan perusahaan atas pihak-pihak yang terkait dengan pengerukan keuntungan mereka yang seringkali ilegal dan tidak manusiawi. Jadi CSR itu sebenarnya omong kosong besar perusahaan.

  • Deddy says:

    Tolong donk siapa yg pernah buat skripsi tentang csr di telkom?? bantuin gw donk nd klo ada buku or contoh2 skipsi gw minta, thanks yaaa

  • richard says:

    klo ada yang uda dln nyelesain skripsi tentang CSR kasi info, gw fokus di analisis progaram CSR yang sudah berjalan. Trims for attention..

  • Richard says:

    Ibu Siti Nur Aryani, saya mahasiswa FISIP UNPAD jur Kesejahteraan Sosial’05. Semester ini saya mau buat skripsi fokus k analisis pelaksanaan program CSR yang telah berjalan pada salah satu Bank BUMN. Tapi sampai sekarang saya belum dapat judul yang tepat untuk fokus diatas. Saya minta saran ke ibu judul yang baik untuk skripsi saya dan isu untuk penelitian sekarang ini. Kalau ada referensi buku2 yang pernah ibu baca dan lebih cocok ke arah skripsi saya mohon informasinya. Mohon bantuannya, ini via e-mail saya ibu kiongr@yahoo.com

  • aAyOu says:

    Sy mhswi akuntansi sdg skripsi mengambil tema CSR…
    bisa minta tlg ga kalo ada info ttg CSR yg bkaitan dg akuntansi, tlg q dbritau,,,,
    sebenernya q bingung niy belum punya ttg CSR yg jelas ttg peraturannya di PSAK,UU, akuntansinya….
    kalo ada yag tau britau aq ya….
    emailq : ada_arziah@yahoo.com
    thanx!

  • nanin says:

    Problem yg sama about skripsi CSR N me…
    aku mo bikin skripsi tntg CSR, fokus ke pengaruh program CSR terhadap citra perusahaan.. plisz help me,, hiks…

    klo ada yg berkenan membagi referensi2 tntg itu, contoh skripsi, or buku2nya tlg email ke onlyn1n@yahoo.com..

    jazakallah khairan
    thanks a lot be 4…

    nanin..

  • SUHAIMI says:

    sekarang saya sedang bingung cari judul skripsi nih, kira-kira ada ide gk, kira-kira bisa gk bantu aku mencari judul buat saya?. jurusan saya Ekonomi Islam

  • qorin says:

    saya mahasiswa fakultas hukum.. ada yang bisa bantu judul gak? saya mau bahas tema CSR di perusahaan BUMN…

  • caesar says:

    salam sejahtera

    mohon bantuannya buat temen2 yang aktif di forum ini untuk bisa berbagi info referensi / jurnal mengenai CSR yang saat ini sedang ramai2nya menjadi perbincangan…..PLIS…

    karena saat ini saya juga sedang menyusun skripsi tentang CSR.terus terang saya cukup kesulitan mencari referensinya karena masih cukup langka di daerah saya….

    tolong bisa dikirim ke email saya : antho.blackaholic@gmail.com

  • nade febrime says:

    heeeiii…. slm kenal/// aq lg bingung nie. q tertarik bgt bhas CSR buat skripsi. tp apa ya judul atau permasalahn yang cocok buat jurusan ekonomi pembangunan?? pliiiiissss bantuin y.. di nathe_jz@yahoo.com

  • gina says:

    Heiii

    salam kenal! butuh batuan nih, aq anak mankom fikom! pgn bgt ngebahas CSR u/ skripsi. kira-kira dari apek mankom pembahasannya secara umum seperti apa ya? apa sama dgn bahasan humas?

  • gina says:

    kalau ada yang punya referensi atau apa pun yg berkaitan dengan bahasan CSR secara mankom, tolng irim ke email aq ya..! gina_sumarsya@yahoo.com. Hatur NUhun pisan

  • septialpera says:

    sekrang ve lagi skripsi tentang strategi penerapan CSR, tolong donk, ada yang punya maskan gak?

  • adek says:

    CSR sudah diwajibkan di sektor perbankan, dan itu sebenarnya bisa dijadikan media promosi juga sih :)

  • Student says:

    Semuanya tergantung pada pengambil keputusan di perusahaan. Apakah CSR memang untuk murni sosial atau diintegrasikan dalam tujuan bisnis atau memperkuat corporate branding :) Kalo di BUMN malah sedikit “dipaksa” dengan keharusan melalui penyisihan laba perusahaan. Ada juga perlakuan pajak yang menempatkan dana CSR sebagai pengurang pajak. Kalo dari sisi masyarakat sih, memperoleh bantuan (termasuk dari dana CSR) pasti senang-senang saja, selama tidak mengikat :)

  • Mahasiswa says:

    ketika perusahaan memberikan dana sosialnya itu suatu hal yang sangat positip,ada juga yang berpendapat dana sosial perusahaan ini dikelola langsung oleh pemerintah, apakah ini akan menjadi solusi? permasalahannya adalah siapa yang bisa mengelola dana tersebut? sampai pada tahapan pembangunan sosial lalu pada kesejahteraan masyarakat.

    saya pernah magang di Perusahaan minyak BUMN dimana para pengelola dana CSR tidak tahu betul tentang teori2 pembangunan sosial, yang mereka lakukan hanyalah tindakan carity, CSR hanya dijadika alat untuk citra baik perusahaan dimata masyarakat.

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading CSR, Bukan Sekadar Tren at Powering Public Reading.

meta

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

