Bermultimedia Ria dengan Komputer Linux


Selama ini pengguna komputer terlanjur dimanjakan—atau dikuasai—oleh sistem operasi berbasis Windows dari Microsoft berikut paket aplikasinya. Padahal, tidaklah rugi jika kita pun membiasakan diri memanfaatkan produk open source dan bahkan ada yang gratis.Salah satu software open source yang saat ini sedang naik daun adalah Linux. Pada kesempatan ini, penulis ingin mengajak untuk menikmati lagu di PC kita yang sistem operasinya memakai Linux.

Dalam tulisan ini akan dibahas terlebih dulu pengenalan seputar perangkat pendukungnya. Adapun mengenai pilihan distro Linux, penulis serahkan sepenuhnya kepada pembaca. Karena setiap orang punya preferensi sendiri-sendiri.

Orang yang sudah terbiasa dengan RedHat ada kalanya merasa gengsi untuk mencoba distro lainnya, semisal Debian, SuSe, dan Knopix.

Nah, setelah menetapkan distro Linuxnya, barulah melakukan istalasi audio video ke dalam komputer Linux Anda.

Kenali sebelumnya fitur-fitur digital audio dalam Linux, bagaimana konfigurasi sebuah sound card dalam Linux, fitur-fitur apa saja yang terdapat dalam sound application di Linux, bagaimana langkah untuk memainkan DVD di Linux.
Digital Audio di Linux.

Digital audio dalam Linux mengacu kepada reproduksi dan transmisi suara yang tersimpan dalam format digital yang tersimpan pada sebuah komputer. Ia didukung oleh sebuah sound card. Komponen sound card ini berfungsi mengeluarkan suara melalui speaker, menyimpan suara melalui microphone, dan merekayasa suara yang tersimpan dalam disk.

Sebuah sound card juga menghasilkan musik dan efek suara serta menyimpan suara yang tersimpan dalam file digital. Sound card juga dibutuhkan untuk mengontrol Musical Instrument Digital Interface (MIDI) serta menyediakan sebuah antarmuka untuk CD-ROM dan storage device lain pada jenis komputer, seperti Small Computer System Interface (SCSI).

Pada dasarnya komputer memiliki format digital yang terdiri dari nilai-nilai yang terukur dalam interval diskrit. Karena itu sound card dipakai untuk mengubah suara analog menjadi suara digital sehingga kompatibel dengan sistem komputer tersebut.

http://www.trendigital.com/21122003/Komputer/BermultimediaRia.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s