Bila Praktisi TI Kritisi Nokia 9500



Jika Kehadiran Nokia 9500 sempat membuat histeris para maniak ponsel. Namun, di mata para praktisi teknologi informasi (TI), Nokia 9500 justru dinilai mempunyai beberapa kelemahan. Apa saja kelemahan itu? Simak ulasan salah satu praktisi TI ini.Penghujung kuartal keempat tahun lalu, Nokia meluncurkan generasi Communicator terbarunya, yaitu seri 9500. Nokia 9500 yang sering juga diberi predikat sebagai telepon pintar (smartphone) ini sebenarnya lebih tepat sebagai mitra kerja. Sementara, untuk fitur hiburan rasanya masih kurang.

Untuk memenuhi kebutuhan hiburan, rasanya tidak terlalu banyak yang menonjol dari Nokia 9500. Hanya ada RealPlayer untuk memutar lagu dan hanya ada 16 melodi polifonik. Jadi Communicator saya rasa memang tidak cukup puas untuk pemenuhan hiburan, melainkan cukup menyenangkan dijadikan asisten kerja saja.

Penekanan pada peningkatan kebutuhan kerja tersebut tampak menonjol dengan diterapkannya virtual private network (VPN) yang rasanya belum pernah diterapkan pada ponsel manapun.

Melalui VPN, ponsel ini dapat membuat sambungan terenkripsi untuk informasi yang diperlukan saat berada di luar kantor. Sesibuk-sibuknya urusan bisnis, hal itu nasih dapat teratasi dengan tetap terhubung dan terkendali ke jaringan kantor untuk mengakses e-mail, aplikasi database, dan intranet. Bahkan, Nokia 9500 ini memungkinkan kita untuk melakukan video conference dengan para mitra bisnis.

Ponsel berukuran 148 x 57 x 24 mm ini, dilengkapi Nokia PC suite sehingga terkesan memberikan kenyamanan bagi pemakai yang ingin privasi-nya terjaga.

Dengan mengandalkan peranti lunak berbasis sistem operasi Windows 2000 atau Windows XP, ponsel ini cukup fungsional karena memungkinkan sambungan ke komputer.

Meski ponsel pintar ini dilengkapi perangkat tambahan Nokia PC Suite, kinerjanya masih kalah jauh dibanding perangkat lunak Windows seutuhnya. Aplikasi pengolah kata dan gambar mudah diperoleh.

Hanya saja untuk aplikasi lebih jauh, peranti lunak ini hanya dapat menjalankan fungsi yang diprogram untuk ponsel ini saja. Bahkan hanya terbatas pada sinkronisasi daftar kontak, kalender, e-mail, dan agenda terhadap Microsoft Outlook, Lotus Notes dan Lotus Organizer.

Rak MMC ‘ngumpet’
Penambahan fitur lainnya yang dapat menunjang kerja adalah peningkatan memori terpasang sebesar 80 megabyte (MB). Dengan demikian, persoalan kecepatan dan penyimpanan hasil men-download Internet kini sedikit terbantu.

Sementara itu, perluasan fungsi ponsel dalam bentuk perangkat tambahan kartu memori multimedia card (MMC), menyediakan ruang memori tambahan untuk musik, data dan aplikasi. Fungsi ini memang sangat membantu mengingat ponsel kini tidak lagi sekadar menyimpan data berisi daftar kontak belaka.

Dengan leluasa kita dapat menyimpan dan mem-backup berita seperti pada e-mail dan pesan teks yang panjang, foto, gambar diam, film, klip video, dan lain lain.

Namun, yang jadi pertanyaan mengapa perangkat memori ini tidak terpasang secara built-in saja? Karena posisi kartu yang dikumpulkan dalam lokasi yang sama dengan kartu SIM dan baterei cukup merepotkan pengguna untuk membongkarpasangnya.

Dari sisi desain, Nokia Communicator ini tampil cukup menawan. Dalam keadaan normal, sebagaimana ponsel Nokia pada umumnya, NOKIA 9500 cukup ramah bagi pemakai saat menekan tombol-tombolnya.

Nokia 9500 cukup cerdik menempatkan papan ketik lengkap dan layar aplikasi di bagian dalam. Persis seperti membuka tempat pensil, maka akan tampak layar dan papan ketiknya.

Ukuran antara papan ketik dengan layar cukup seimbang. Begitu pun dengan jarak antar tombol satu dengan yang lain, sehingga tidak perlu khawatir jari-jari dan jempol kita ikut menekan tombol lain saat kita menekan salah satu tombol yang diinginkan.

Setengah hati
Nokia 9500 tampak mungil dibandingkan dengan produk Nokia lain seperti N-Gage. Tapi, tidak berarti Nokia 9500 banyak tersedia tempat untuk koneksi eksternal. Ada satu rongga untuk USB, rongga Bluetooth dan inframerah.

Harga resmi ponsel ini setara dengan harga satu buah laptop merek terkenal yang ber-prosesor Pentium 4. Namun jika kita membelinya melalui jaringan pasar yang bertumpuk harganya bisa menyamai sebuah laptop ber-prosesor Pentium 4 Centrino yang sudah dilengkapi Bluetooth.

Menurut saya, julukan Communicator rasanya masing tanggung untuk ponsel ini. Meski dilengkapi perangkat lunak eksternal tambahan berbasis Windows, tampaknya masih setengah hati dalam penerapannya. Anehnya, ponsel ini justru seperti barang langka yang diburu orang.

Pernah beberapa pekan lalu stok produk ini langka di pasaran, sehingga tidak sedikit orang memburu produk ini bahkan rela mengeluarkan Rp4 – Rp5 juta lebih mahal dari harga resminya. Padahal tidak hanya Nokia 9500 yang dikeluarkan.

Dalam setahun ini Nokia mengeluarkan kurang lebih 30 jenis produk ponsel termasuk di dalamnya beberapa smartphone seperti Nokia 9300. Dan masih dalam ingatan kita rata-rata harga ponsel tersebut naik.

Beberapa kelemahan Nokia 9500 yang cukup mengganggu
Fitur hiburan minim
Letak rak MMC cukup merepotkan, karena menyatu dengan kartu SIM dan baterei
VPN memungkinkan Nokia 9500 terhubung ke jaringan komputer kantor secara aman, sehingga penggunanya dapat mengakses jaringan e-mail, database, serta intranet kantor

VPN Jadi Andalan

Istilah virtual private network (VPN) mungkin masih terdengar asing bagi sebagian komunitas pengguna ponsel. VPN merupakan suatu jaringan komunikasi lokal yang terhubung melalui media jaringan publik. Infrastruktur publik yang paling banyak digunakan adalah Internet.

Yang banyak mengaplikasikan VPN adalah perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang. Jadi, komunikasi antara kantor pusat dan cabang maupun antar kantor cabang, semuanya, bisa dilakukan melalui Internet. Nah, berbagai teknologi atau terminal client bisa diikutsertakan ke dalam jaringan VPN tersebut. Yang paling sering digunakan adalah komputer.

Kehadiran Nokia 9500 boleh dibilang revolusioner, karena bisa difungsikan sebagai terminal client pada jaringan VPN. Tentu saja, agar dapat tergabung dalam jaringan VPN, Nokia 9500 itu harus diinstalasi dengan software atau program VPN terlebih dahulu.

Proses instalasinya sama seperti bila menginstalasi peranti lunak lainnya. VPN di sisi client dapat diinstalasi, baik pada kartu memori atau memori telepon. Penginstalasian VPN client ini untuk sementara akan membuat ukuran pemakaian memori telepon berlipat menjadi dua kali ukuran semula. VPN biasanya membutuhkan 1-16 K memori telepon. Siti Nuraryani ( Praktisi TI )

Sumber: http://www.bisnis.com/servlet/page?_pageid=477&_dad=portal30&_schema=PORTAL30&pared_id=341806&patop_id=W02

 http://www.trendigital.com/30012005/Ponsel/bila.htm

22 thoughts on “Bila Praktisi TI Kritisi Nokia 9500

  1. tolong britahu saya beberapa kelemahan pada ponsel communicator.
    soalnya saya baru memakai nokia 9300 sekitar 2hari,sudah terjadi kerusakan pada layarnya!
    apakah ada pengaruh dari seringnya cover pada communicator di buka.

  2. bang Timoq,

    untuk perkembangan kebutuhan komunikasi saat ini, 9300 minim-fitur, tapi ini relatif. mungkin kita juga agak pegel pakenya, selain berat bobotnya, juga terutama kalau melototin internet pake 9300, karena layar yang terlalu lebar ke samping jelas merepotkan. begitupun dengan penggulir ke bawah yang fungsinya kurang nyaman.

  3. 80 series (9300, 9300i, 9500) lumayan kok fitur – fiturnya. Dengan koneksi internet yang stabil (koneksi internet nyala hingga beberapa hari tidak putus).
    Saya setiap hari baca e-mail (GMail ataupun Yahoo) di 9300. Kalau untuk reply yang panjang sekali, baru menggunakan PC.
    Oh iya, comment ini saya tulis dengan menggunakan browser dari 9300..
    Memang sih, layar communicator semuanya (kecuali E90) terlalu lebar ke samping. Apa boleh buat. Itu dikarenakan desain smartphone ini dari awalnya adalah menggunakan keyboard dan nyaman dalam pengoperasiannya.. Jadi, mungkin susah dalam hal design, kalau tidak memanjang ke samping dan tetap mempertahankan faktor bentuk yang “kecil” (dibandingkan dengan PDA with keyboard).

  4. saya punya nokia 9500 dengan kartu matrix
    tp mau connect ke internetnya susah ya?
    padahal udah daftar ke 3000 untu setting GPRS nya
    ada yg bisa bantu?

  5. Buat saya communicator 9500 merupakan salah satu produk terbaik ayng pernah dibuat oleh Nokia.Walaupun memiliki bentuk fisik yg cukup besar namun untuk GPRS dan Wi-Fi communicator ini sangatlah unggul untuk digunakan. namun untuk tampilan layar, saya lebih setuju apabila tampilan depan layar dibuat serupa dengan nokia 9210i ( monokrom ) dan layar dalam seperti yang ada pada nokia 9500 dan juga kelemahan yang tidak terlalu menonjol adalah nokia 9500 tidak memiliki camera yang tll bagus dikarenakan camera yang ada masih VGA saja belum megapixel.But,actually I’M a 9500 lover!

  6. cara conect ke internet pake wifilan caranya bigimana ya?
    tempat kerja ada wirless lannya, hp sudah mau menerima diketahui dengan adanya tulisan terhubung dengan internet kantor, cuma pada waktu giliran masukan key invalid terus kenapa ya? …….

  7. yah! bu Siti beberapa hari lgi saya hendak membeli tuh hape, masa engga jadi gara2 opininya ibu Siti!
    gmna?

  8. Anw, harga second nya 9500 brapa? Dgr dgr 9500 masih kalah pamor tuh dbanding 9300i. Cz generasi muda lebih fave 9300i.. Lebih praktis sih ya?

  9. Yang jelas kalau bawa N9500, Orang yang bawa pamornya jadi terangkat, terkesan bonafit, berwibawa, executive, boss…..iya kan?..heheheheh

  10. koq punyaku tombol ke1 dan 3 yg d samping layar gak bisa dipencet harus dibuka tutup dulu baru bisa. ada yang b.isa bantu? thx

  11. ada yang bisa bantu?
    beberapa hari yang lalu saya tidak sengaja memencet profile offline di Nokia 9500. sampai sekarang untuk fungsi telpon dan smsnya mati. di bagian layar LCD tertulis offline profile activated.

    apakah ada yang tahu bagaimana caranya mengembalikan dan mengaktifkan ke profile semula?

    terimakasih

  12. tuk aryo,
    cb aktifin ponsel kamu setelah itu buka layarnya setelah muncul desk dan icon2 nya cb tekan menu dan pilih yg paling ujung kanan itu akan muncul beberapa jenis profil cb aryo aktifkan dulu profil general insyallah bs .

  13. kasus saya hampir sama dg aryo, tapi bedanya layar communicatornya ga aktif. ada yang tau cara aktifin profile yg offline lewat LCD yg didepan ga? tnp lewat layar monitornya? apa ada kode2 tertentu? thanks!!!

  14. maaf mas/mbak, aku minta bantuannya ni, bagaimana pentahapan cara setting Wifi di nokia 9500 communicator. tolong dibantu ya……..terimakasih

  15. Having the right types of bacteria in your intestines can increase the efficiency of digestion, therefore lead to
    greater weight loss. But Keri agrees that there are “fiber benefits of yacon syrup. Be aware it does not work on its own, so it is still up to you to eat a healthy and well balanced diet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s