Tren Software: Pemain Besar Masih Dominan, Open Source Makin Populer


Produk hardware dan infrastruktur jaringan yang akhir-akhir ini berkembang pesat sangat memengaruhi perkembangan bisnis software. Ini bisa kita lihat pada perkembangan industri software di berbagai lini: mulai dari software untuk server aplikasi; manajemen konten berbasis Web; manajemen database; manajemen sistem dan jaringan; manajemen penyimpanan data; keamanan; intelijen bisnis; analisis bisnis; hingga software pendukung sistem operasional.

Di lingkungan perusahaan, ambil contoh aplikasi software server diterapkan untuk memperoleh efisiensi komunikasi pada jaringan internal sekaligus sebagai media business to business (B2B) eksternal. Untuk sementara dominasi masih tetap dipegang IBM, yang produknya beredar di pasar mencapai 26,3%; sedangkan sisanya sebesar 73,7% dinikmati bersama-sama oleh NEC, Borland, Micromedia, Fujitsu, Sybase, dan lain-lain. Produk ini sampai sekarang masih punya peluang di pasar, sebab dinamika pasar hardware juga terus berkembang. Perusahaan riset WinterGreen Research Inc. memprediksi pasar software server aplikasi akan mengalami peningkatan dari angka US$ 1,8 miliar di tahun 2002 menjadi US$ 2,9 miliar sebelum tahun 2008.

Prediksi ini cukup realistis mengingat banyak perusahaan semakin punya pilihan beragam produk. Di Indonesia, aplikasi Enterprise Resources Planning masih menjadi tren di kalangan korporat. Oracle, SAP, BAAN, dan PeopleSoft merupakan nama-nama yang dominan. Akan tetapi, di level perusahaan yang lebih kecil – yang jumlahnya sangat besar – justru yang mendominasi adalah vendor yang lebih kecil seperti Accurate dan Zahir. Sisi lain yang perlu kita perhatikan adalah kehadiran platform pengembangan aplikasi teknologi informasi (TI) berbasis open source, atau aplikasi yang sumber kodenya terbuka.

Hal ini berdampak bagi perkembangan teknologi perangkat komunikasi dan informasi yang sifatnya personal, semisal handset ponsel, PDA phone, tablet PC, dan laptop. Ada kemungkinan, platform dan teknologi yang bakal banyak diadopsi adalah aplikasi “turunan” Java karena berciri cross-platform. Produk software dari Sun Microsystem yang lebih dulu sudah membuka kode sumber (source code) Java lebih memiliki peluang di pasar, mengingat produk ini sudah dikenal andal oleh banyak orang dibanding produk vendor lain, misalnya dari Microsoft.

Di lingkungan korporat, sistem operasional server seperti Linux dan Unix nampaknya masih akan bertahan mendominasi pasar platform open source. Setahun yang lalu Linux mampu mencapai angka 20% untuk volume penyebaran di pasar dunia. Sebagaimana Sun Microsystem, SAP juga tak mau ketinggalan dalam mengembangkan open source. Perusahaan ini, misalnya, beberapa kali mengeluarkan produk Netweaver dalam beberapa versi yang bertujuan memfungsikan dan menyelaraskan berbagai platform berbeda untuk mendukung proses bisnis tertentu.

Sejalan dengan perkembangan bisnis software tersebut, kini muncul pula tren baru berupa akuisisi yang dilakukan oleh vendor besar terhadap software house yang lebih kecil. Langkah akuisisi ini tentu bukanlah fenomena aneh, melainkan hanya gejala biasa dari proses evolusi dalam dunia bisnis. Artinya, selalu ada kemungkinan perusahaan kecil untuk terdampar, sama halnya selalu terbuka kemungkinan bagi perusahaan besar untuk tidak beruntung. Semua tergantung pada situasi pasar dan kejelian strategi bermain di era pasar global. Proses evolutif dalam akuisisi ini tampaknya juga berlaku dalam aplikasi personal semacam blog: Wiki, MySpace, Skype, dan semacamnya. Maksudnya, selama aplikasi itu menguntungkan bagi pelaku bisnis, maka tidak menutup kemungkinan akan diambil alih oleh perusahaan besar.

Doktrin “di mana ada keuntungan, di situ kapital bermain” kemungkinan bakal berlangsung. Lantas, vendor besar mana yang kemungkinan memicu peran penting dalam tren ke depan? Saya memperkirakan Microsoft masih akan dominan untuk skala global. Namun sejalan dengan perkembangan open source yang semakin berperan di beberapa negara, rasanya dominasi Microsoft akan sedikit berkurang beberapa tahun mendatang.

Boleh dibilang, tahun 2007 merupakan tahun harapan bagi kalangan komunitas pengguna software lokal berbasis open source. Diperkirakan peranti lunak open source tidak hanya bermain dan ngetren di level sistem operasional. Ada perkembangan positif. Misalnya, LIPI dan komunitas open source ini membuat software desktop turunan Linux Fedora Core 5. Adopsi aplikasi seperti Firefox untuk browsing di Internet dan aplikasi office-nya diperkirakan bakal meningkat di kalangan mahasiswa.

Sekarang, para pengguna personal pun lebih merasa nyaman dengan Linux. Tren lainnya, sejalan dengan pertumbuhan aplikasi berbasis Web, pasar software untuk solusi manajemen konten akan mengalami perkembangan pesat. Solusi ini tumbuh karena dipicu oleh kebutuhan pasar individu ataupun korporat dalam mengelola informasi secara elektronis untuk kemudian dipublikasi ke web. Software yang bakal menjadi tren di kalangan pengguna baik individual maupun bisnis adalah yang mendukung efisiensi kerja dan sekaligus bisa memenuhi tren gaya hidup.

Perkembangan teknologi perangkat komunikasi dan informasi yang memasuki era jaringan nirkabel generasi keempat (4G) juga menjadi penentu bahwa software yang mungkin akan digandrungi adalah yang mampu beradaptasi dan konvergen dengan Internet. Sesungguhnya, perusahaan dimudahkan dengan produk komplementer yang mendukung solusi ini seperti web tool, repositori dokumen perusahaan, dan server web.

Selain itu, bermunculannya produk dan layanan manajemen konten tampak mulai memperlihatkan pertumbuhannya. Perkembangan lain yang tidak boleh kita abaikan adalah munculnya beberapa perusahan dari Cina dan India yang bermain di pasar Indonesia. Mereka berspekulasi di antara para pemain lama seperti IBM, Oracle, Microsoft, dan lain-lain. Melihat peta di atas, nampak bahwa kompetisi pasar software sebenarnya tidak kalah menarik dibanding kompetisi pasar hardware.[]

Siti Nur Aryani, penulis adalah praktisi TI – Artikel pernah dimuat di Majalah SWA edisi Juli 2006

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s